Rekomendasi Wisata Di Yogyakarta Untuk Melihat Keindahan Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal Candi Borobudur? Candi ini menjadi salah satu ikon wisata di Indonesia yang terkenal ke mana-mana. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan Candi Borobudur, Yogyakarta bisa menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi. Berikut adalah rekomendasi wisata di Yogyakarta untuk melihat keindahan Candi Borobudur.

Informasi Deskripsi
Alamat Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Lokasi Yogyakarta
Kategori Wisata Sejarah dan Budaya
Harga Tiket Rp 40.000 – Rp 450.000
Daya Tarik Keindahan Candi, pemandangan alam, dan seni arsitektur
Akses Jalan Sudah diperbaiki dan mudah diakses kendaraan umum
Sejarah Singkat Candi Borobudur merupakan candi Buddha Mahayana yang dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Sailendra

Alasan Mengapa Harus Berkunjung ke Candi Borobudur

  • Keindahan dan kemegahan Candi Borobudur yang tak tertandingi
  • Pemandangan alam yang indah dan menyejukkan
  • Menambah wawasan tentang sejarah dan budaya Indonesia
  • Menikmati seni arsitektur kuno yang masih terjaga dengan baik
  • Bisa menjadi tempat yang bagus untuk bersantai dan meditasi

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Sailendra. Candi ini merupakan candi Buddha Mahayana terbesar di dunia dan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1991. Dalam sejarahnya, Candi Borobudur sempat ditinggalkan dan terlantar selama beberapa abad, hingga akhirnya ditemukan kembali pada awal abad ke-19 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris di Hindia Belanda.

Candi Borobudur sendiri terdiri dari tiga tingkat, yang masing-masing melambangkan keterikatan dunia, kesadaran manusia, dan nirwana. Di dinding candi, terdapat relief yang menggambarkan kisah-kisah dari kehidupan Buddha dan ajaran-ajarannya. Relief di Candi Borobudur sangat terkenal karena keindahan dan detailnya yang luar biasa.

Berbagai upaya restorasi telah dilakukan untuk menjaga kelestarian Candi Borobudur, termasuk di antaranya pengangkatan batu-batu candi yang rusak dan penggantian dengan batu baru yang disesuaikan dengan warna dan tekstur asli.

Fakta Tentang Candi Borobudur

  • Candi Borobudur dibangun tanpa menggunakan perekat semen atau bahan kimia lainnya
  • Relief di Candi Borobudur terdiri dari sekitar 2.672 panel yang menggambarkan kisah-kisah dari kehidupan Buddha
  • Di sekitar Candi Borobudur terdapat beberapa candi dan situs sejarah lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi
  • Candi Borobudur menjadi tempat yang populer untuk merayakan Waisak setiap tahunnya
  • Sejak pandemi COVID-19, protokol kesehatan yang ketat diterapkan di Candi Borobudur untuk menjaga kesehatan pengunjung dan staf

Pertanyaan Umum Tentang Candi Borobudur

  • Bagaimana cara menuju ke Candi Borobudur?
    Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus atau taksi dari Yogyakarta. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 – 2 jam tergantung dari kondisi lalu lintas dan rute yang dipilih.
  • Kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Candi Borobudur?
    Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Candi Borobudur adalah di pagi hari atau sore hari saat cuaca masih sejuk. Selain itu, hindari waktu-waktu libur nasional karena biasanya akan lebih ramai.
  • Berapa harga tiket masuk ke Candi Borobudur?
    Harga tiket masuk ke Candi Borobudur bervariasi tergantung dari kategori pengunjung dan fasilitas yang dipilih. Untuk wisatawan domestik, harga tiket mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 150.000, sedangkan untuk wisatawan asing harga tiket mulai dari Rp 450.000 hingga Rp 500.000.
  • Bolehkah membawa makanan dan minuman ke Candi Borobudur?
    Tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman ke dalam area Candi Borobudur. Namun, di sekitar area candi terdapat banyak warung makan dan penjual makanan ringan yang bisa dijadikan pilihan.
  • Apakah ada dress code yang harus diikuti saat berkunjung ke Candi Borobudur?
    Tidak ada dress code khusus yang harus diikuti saat berkunjung ke Candi Borobudur. Namun, sebaiknya hindari pakaian terlalu terbuka atau terlalu singkat agar tidak mengganggu pengunjung lain dan menjaga kesopanan.

Kelebihan Berkunjung ke Candi Borobudur

Berkunjung ke Candi Borobudur akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Selain bisa menikmati keindahan candi dan pemandangan alam yang menyejukkan, kamu juga bisa menambah wawasan tentang sejarah dan budaya Indonesia. Keistimewaan lain dari Candi Borobudur adalah suasana yang tenang dan damai, cocok bagi yang ingin bersantai atau meditasi.

Tips untuk Berkunjung ke Candi Borobudur

Beberapa tips untuk berkunjung ke Candi Borobudur adalah mempersiapkan fisik dengan baik, memakai pakaian yang nyaman dan sopan, membawa kamera untuk mengabadikan momen, dan menghindari waktu-waktu ramai seperti libur nasional. Selain itu, jangan lupa mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan selama pandemi COVID-19 seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara teratur.

Kesimpulan

Rekomendasi wisata di Yogyakarta untuk melihat keindahan Candi Borobudur sangatlah tepat bagi kamu yang ingin menikmati keindahan sejarah dan budaya Indonesia. Dengan pengalaman yang tidak terlupakan dan suasana yang tenang, Candi Borobudur menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia.

Artikel Terkait

Leave a Comment